30 April 2010

Ingat...Otak Juga Butuh Olah Raga ^_^

Dok. : Womensday

Jakarta - Untuk menjaga bentuk tubuh dan kecantikan kulit, banyak perempuan rajin berolahraga. Tapi tahukah Anda kalau otak juga perlu berolahraga supaya tetap kreatif dan fokus.

Otak yang kurang aktivitas membuat pemiliknya cenderung sulit berkonsentrasi atau fokus dalam waktu lama. Selain itu penyakit lupa akan hal-hal kecil dan mudah lengah seringkali dialami perempuan yang kurang melatih otak.

Latihan otak sederhana ternyata bisa mencegah hal tersebut. Latihan ini perlu dilakukan untuk menjaga otak tetap muda dan tangkas.

1. Hal yang paling mudah dilakukan adalah membaca. Melakukan aktivitas sederhana seperti ini dapat membantu merangsang kerja otak. Tak perlu membaca ensiklopedia yang berat, bacaan ringan seperti majalah atau buku komik juga baik untuk membuat otak tetap aktif.

2. Permainan kata. Terlibat dalam mainan olah kata seperti scrabble atau teka-teki silang juga baik untuk otak Anda. Selain mengasah ketajaman pikiran, permainan kata juga membantu Anda belajar kata-kata, informasi, dan hal-hal baru yang membuat otak lebih segar.

3. Minum air putih. Jika stress melanda dan kondisi otak menegang, jangan lupa meminum air putih. Air putih memiliki fungsi yang baik untuk oksidasi otak agar dapat bekerja dengan baik.

4. Olahraga juga bisa berperan baik untuk mencegah otak dari penuaan dini. Ketika kita sedang berolahraga, aliran darah ke otak akan lebih lancar dan bisa mempercepat denyut jantung. Lakukan jogging atau bersepeda sambil menghirup udara segar untuk memberikan oksigen sehat ke otak.

5. Bergaul juga ternyata baik untuk kesehatan otak. Mengobrol dengan teman atau keluarga bisa membuat otak Anda tetap aktif walau dalam keadaan santai.

(af1/fta)

1 comment:

Erwin said...

main game puzzle olahraga otak jg bukan?

Post a Comment