11 September 2009

Anda Suka KERJA di Malam Hari ???

Bagi Anda yang suka bekerja dan beraktivitas di malam hari, menurut ilmu kesehatan medis, itu dapat mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Salah satu alasannya adalah waktu tidur di malam hari tidak bisa digantikan menjadi pagi atau siang hari.
Menurut ahli, kemampuan tubuh di malam hari sebenarnya tidaklah sekuat seperti pagi atau siang hari. Hal ini akan berpengaruh kepada analisa dan konsentrasi seseorang yang tidak akan maksimal.

Selain itu, tidur di malam hari akan membantu bekerjanya hormon-hormon di dalam tubuh. Diantaranya ada hormon melatonin (hormon yang hanya diproduksi saat gelap) dan hormon pertumbuhan yaitu hormon yang sangat berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan terlihat cepat tua.
*coba ngaca tampang sendiri gan.... ^_^*

Berdasarkan informasi dari International Classification of Sleep Disorder, pekerja shift berisiko lebih tinggi untuk menderita penyakit kardiovaskular dan pencernaan. Bekerja di malam hari juga mengacaukan waktu bersosialisasi yang dapat memengaruhi kesehatan jiwa seseorang.

Untuk mengatasi masalah bagi Anda yang sering kali lembur atau bekerja shift, disarankan agar mengatur waktu tidur dengan baik. Kenalilah tubuh Anda. Kalau tubuh Anda sudah meminta untuk diistirahatkan, lakukanlah. Untuk yang tidak dapat bekerja dengan diselingi tidur, manfaatkan waktu Anda sehabis kerja shift untuk beristirahat, tetapi jangan juga berlebihan.

Jaga kesehatan tubuh gan...
Klo tampang udah keliatan tuir daripada umur, coba atur waktu tidur.
Gud Luck...

2 comments:

tassmania said...

ga ngepek, ga bakalan lo pulang cepet kalo kamis sama jumat .... tetep pulang jam 10 :))

Bong J said...

Yoii....
Asyik nya weekend @ Office ^_^

Post a Comment