15 March 2010

Memperpanjang Selang Air Mesin Cuci

Beberapa waktu yang lalu karena kondisi tertentu terpaksa keran air yang biasa dipakai oleh mesin cuci tercintaku terpaksa harus ditutup.
Tetapi setelah keran air ditutup ternyata timbul permasalahan baru.
Mesin cucinya ngambil air dari mana nih ???.
Alternatif keran air terdekat adalah berjarak 2 meter dari mesin cuci dan sialnya selang air mesin cuci yang bawaan dari pabrik hanya mempunyai panjang 1 meter.

Ini gambar mesin cucinya











Bagi rekan-rekan yang mempunyai mesin cuci. Selang air dari mesin cuci otomatis itu agak berbeda dengan selang biasa karena dibagian ujungnya ada bagian yang langsung mengunci ke ujung keran air. Gambar selang air dan penggunaan selang air pada keran air bisa dilihat seperti ini.

Ini gambar selang air mesin cuci. selang air ini berfungsi khusus untuk mengalirkan air dari sumber air (dalam hal ini biasanya keran air) ke mesin cuci. Dengan menggunakan selang air ini mesin cuci bisa secara otomatis mengatur jumlah air yang dibutuhkan untuk melakukan pencucian.



Ini gambar ujung selang yang dipasang ke keran air.
Biasanya yang ujung selang bewarna biru dikaitkan  keran air.






Ini gambar selang air yang di pasang  ke keran air (seharusnya begini kalau jarak antara mesin cuci dengan keran air <= 100 meter).






Akhirnya setelah melakukan beberapa pemikiran yang mendalam terdapat 3 solusi untuk mengatasi hal ini:
  1. Menggunakan cara manual, yaitu selang air biasa di masukin langsung ke mesin cuci. lalau plototin trus sampai penuh airnya baru buru-buru dimatiin keran air (mending sekalian pake yang mesin cuci semi otomatis ^^).
  2. Mencari-cari dipasaran selang mesin cuci yang lebih panjang.
  3. Menyambung selang air mesin cuci dengan selang biasa.

Setelah melalui perenungan yang mendalam saya kemudian mengambil langkah yang ke 3 (secara kalau beli baru susah carinya dan bisa jadi mahal).

Berikut ini adalah langkah untuk solusi ke 3 yaitu dengan memperpanjang selang air dengan menggunakan selang biasa.

1. Coba tanya ke toko bangunan sambungan pipa dari selang ke kran air bentuknya kurang lebih seperti gambar dibawah ini (kalau ga salah harga di pasaran kurang lebih sekitar 10 ribu)

2. Sekalian juga  beli kerannya dan cari yang bentuk lurus saja, jangan yang bengkok atau keran putar, bentuknya seperti gambar dibawah ini (yang ini harganya 5 ribu perak).

gambar sebelah kanan sambungan pipa dari selang ke keran air
gambar sebelah kiri keran air berbentuk lurus ^^.
Nama tepatnya agak-agak lupa lebih jelasnya bisa tanya ke tukang bangunan ^_^.





3. Kalau mempunyai selang air potong sepanjang yang diinginkan, dalam kasus ini saya memotong sepanjang 1 meter (kalau sudah ada di rumah gratis kalo ga ada kayakna seh sekitar 3 ribu /meter).













4. Masukkan  sambungan pipa ke selang air lalu masukkan sambungan pipa ke sambungan keran air.

gambar sambungan pipa keran air ke selang air







gambar sambungan dipasangkan ke keran air









5. oks langkah terakhir tinggal dipasangkan keran air yang telah disambungkan ke selang air biasa ke selang air mesin cuci.
















Hualaaa, sekarang anda mau memperpanjang selang air mesin cuci sampai dengan 10 meter pun bisa dilakukan.

oks sekian tips dari saya, semoga berguna bagi mesin cuci anda..... ^^

37 comments:

herik said...

terima kasih atas tipsnya, kebetulan saya lagi kebingungan memperpanjang selang mesin cuci otomatis.

Anonymous said...

makasih mas, sangat membantu sekali

Anonymous said...

luar biasa mas.. saya sudah 3 hari ini puter otak cari cara nyambung selang yang persis diatas..
sangat membantu sekali untuk membungkam mulut nyonya yang ngomel2 karena mesin cuci ga jalan2
hahhahahahhahaha... trims!

Anonymous said...

masi rada bingung. bisa japri ga? saya di saldotman@gmail.com

trims

Anonymous said...

Trims mas.. membantu banget

Mang said...

Wah sy terlambat baca tips ini, semalem karena bingung sy terlanjur potong bagi dua selang bawaan dari mesin cuci tsb, lalu sy sambung dgn selang biasa, shg ujung2nya sama dgn ujung selang bawaan. tp karena selang bawaan sangat lembut dan tidak sekeras selang biasa, maka air jadi bocor pada sambungan tsb, gimana ya ngatasinya ?
apa ada lem yg bisa merekatkan kedua sambungan tsb ? mohon idenya. Thanks

pman said...

Wah muantaapp.. kebetulan lagi cari yang jual selang malah ada yg kasih solusi.. Tadinya kepikiran mau melakukan hal yang sama seperti mas yang di atas, untung blom di potong.. hehehe.. thanks

komeng said...

Untung ketemu artikel ini, sangat membantu saya menyambung selang mesin cuci. Trims

Anonymous said...

thanks ya tipsnya...berguna banget...

lora said...

mas apakah selang ke kran air bisa dicopot pasang ya..atau permanen di kran tersebut

Anonymous said...

wah....kebetulan banget, dicoba dulu ah...

Anonymous said...

Kebetulan banget lagi cari cara perpanjang selang air mesin cuci. Eh ketemu di sini. Tips yang bagus Pak Firman. Terima kasih.

ruri

Anonymous said...

pak saya ko susah cari sambungan selangnya ya? 2 toko bangunan di daerah dewi sartika n 1 toko sanitari di jatinegara ga ada yang paham, apa saya yang salah ucap ya? padahal sudah saya bawa selang aslinya..

Anonymous said...

fiuuh akhirnya setelah pencarian panjang ke 2 toko bangunan n 1 toko sanitari n ga nemu sambungan selang, ternyata di Giant ada produk label Giant di bagian perkebunan, meski cuma plastik tapi cukup ampuh buat gantikan versi besi/kuningan, harganya pun sangat terjangkau, Rp3.900,-..cuma untuk penggunaan di high rise building seperti apartemen, yang biasanya tekanan air tinggi, perlu dilengkapi ama klem biar mampu menahan tekanan n ga lepas..jadi total ditambah klem 2 @Rp2.500,- + selang 4m @Rp6.000,- = Rp14.900,-

Anonymous said...

wowwwwww........ kemarin seharian saya dan suami stress berat ngakalin muter2 otak caranya gimana supaya tuh air bisa masuk k mesin cuci... pake selang biasa kaga mempan... ternyata mesti pake keran lurus ya.... cocok... thanks ya pak... pemikiran anda yang mendalam... sangat memberikan solusi

Anonymous said...

Terima kasih ya Pak...
Saya juga lg pusink mikir pegimane caranye menjangin selang mesin LG-ku yg blm sempat dipakai :-)Ternyata bisa toh.. lha misuaku ki gak kreatip je.. Untung ada tipsnya disini..
Matur suwun Pak..

Anonymous said...

Artikel lama yg sangt berguna, baru aja dateng mesin cuci baru, rencana mau bobok dinding motong saluran pipa...eehh ternyata eh ternyata..makasih banget gan 10 jempolll

Zeus said...

Mantaaaaaaaap...makasih om solusi yang ane cari2

Anonymous said...

Saya juga bingung, tapi akhirnya dapet solusi, bikin semacam troli di bawah mesin cuci, tinggal kerek kalo mau pake :)

Anonymous said...

Smaaaaarrttttttt...!!!!

:)

AGUNG said...

Makasih bgt Mas. problem solving yg bagus...

cupZ said...

siap berangkat ke tk bangunan besok,, thx infonya yaaa,, rencana bikin keran baru mendekati mesin cuci dibatalkan,, ganti dengan beli selang + sambungan,, thx sharingnya om :D

Anonymous said...

sseeepppp bgt. .....

Anonymous said...

Mantab...Thanks infonya

Anonymous said...

Mau tanya, yang terhubung ke keran ny itu apa ya?
Langsung selang atau gimana?
Thanks.

Anonymous said...

Saya sudah menerapkan. Beli sambungannya itu di Ace Hardware komplit. Harganya jg 10rb-an kok.
Yang terpenting juga.... untuk sambungan antara sambungan pipa ke selang tambahan agar dilengkapi klem (agar tidak bocor). Kemudian untuk antara sambungan pipa ke selang mesin cuci...agar jgn dihilangkan bola2 kecil dan per (kawat melingkar) yang sdh available. Krn itu untuk menahan tekanan air ketika mesin cuci tdk membutuhkan masuknya air (air tertahan). Karena jika bola2 kecil dan per (kawat melingkar) tersebut hilang maka sambungan pipa akan terlepas dari selang mesin cuci (karena tekanan air tadi itu). Hehhe pengalaman. Fungsi dari bola2 kecil itu adalah untuk menahan sambungan pipa dari selang mesin cuci, sedangkan fungsi per (kawat melingkar) adalah untuk menahan bola2 kecil tersebut agar tidak terlepas. Demikian pengalaman sayang yg baruuuu saja saya oraktekkan. Heheheh

Anonymous said...

Yang terhubung dengan keran itu yang sudah available dari bawaan mesin cucinya. Trus outputnya dipasang selang deh....

Unknown said...

pengalaman saya untuk sambungan pipa inlet mesin cuci, pernah beli joint pipe, tinggal colok ke selang air dan selang mesin cuci. Trus sambungan yg masuk ke selang air biasa kita kasih klem pastik/penjepit biar kenceng dan tidak mudah lepas.

si botak tinju said...

Agan yg satu ini layak menyandang gelar "JUARA"... Thx gan infonya.. Pas kbetulan ane lg cari2 solusi manjangin selang... Mantaabbssss

rosalyn surjadinata said...

mmm tadinya aq juga kebinggungan ternyata toko bokap gw jual selang tersebut (sama persis, tp bukan asli dari mesin cucinya) yang panjangnya 2m harganya 60 rb, jd deh kaga usa sambung menyambung.... kl ada yg butuh bisa email clinpatholyn@gmail.com

Fuad Daviratma Husni said...

ane cobain minggu ini.
terima kasih infonya.

Anonymous said...

ini dia yang ditunggu, problem yang sama, akhirnya ketemu jg solusinya

Anonymous said...

saya baru pakai mesin cuci front loading, sebelumnya selalu pakai mesin top loading. yang mau saya tanyakan amankah jika mesin cuci front loading itu saya tempatkan di atas meja/dudukan besi setinggi 15cm, dulu saat saya memakai mesin cuci top loading, mesin cuci tsb saya simpan diatas dudukan/meja besi setinggi 15cm dan menggunakan roda agar gampang dipindah-pindah, tujuan saya menyimpan mesin cuci seperti itu adalah agar mesin cuci tsb tidak mudah terkena percikan air dan gampang membersihkan area bawah mesin. Cara tsb akan saya terapkan untuk menyimpan mesin cuci tipe front loading...Amankah?..Tks sebelumnya

Kopana didik harianto said...

waahh.. artikelnya bermanfaat banget.. banyak yang suka.. ini namanya ilmu barokah... sy juga terima kasih atas penjelasannya...

Ragus said...

mantaffff...kebetulan tadi sore sy beli mesin cuci otomatis L* pengganti mesin otomatis yg sa****g rusak, dan saya stuck karena keran air nya koq beda dgn yg sebelumnya, sy yakin pasti ada solusinya, tapi tukang nya ga tahu..akhirnya sy temukan disini solusinya...makasih yah mas :)

rhiea ia said...

Waduh info nya pas bgt dari mggu kmren nyambung2 kok bocor krna cma pake selang ke inlet nya tp msih rada bgung sehh jdi itu ke kran nya selang biasa doank gan? Mohon jwbannya bgung soal nya g ngerti alat2 selang

Anonymous said...

sangat bermanfaat..... mantappps

Post a Comment