11 March 2010

Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Pedal Gas Mobil Bermasalah

Insiden pedal gas mobil yang tidak bisa balik ke posisi semula atau nyangkut memang belum terjadi di Indonesia. Insiden ini baru ditemui di luar negeri.
Namun apa salahnya jika kita melakukan antisipasi hal tersebut. Sebenarnya apa yang sebaiknya kita lakukan ketika pedal gas mobil nyangkut yang membuat mobil kita melaju tidak terkendali.

Seperti dikutip Reuters, Kamis (11/3/2010) setidaknya ada beberapa cara yang disarankan oleh para ahli keamanan mobil dan produsen mobil sendiri untuk mengatasi ketika mobil kita tak bisa dikendalikan karena pedal gas yang bermasalah.

* Pertama, injak rem dengan kuat, jangan menekan secara berulang-ulang karena justru akan mengurangi daya pengereman.

* Kedua, pindahkan tuas transmisi ke posisi N atau Netral untuk mengurangi daya dari mesin tanpa kehilangan kendali atas power steering dan power brakes.


Memang untuk beberapa model mobil, untuk memindahkan transmisi ke posisi N agak sulit, tapi tetap usahakan ganti ke N.

* Ketiga, jika mobil dilengkapi dengan tombol pengapian, atau push start button, gunakanlah untuk mematikan mesin. Memang dengan cara ini, mobil akan berat dikendalikan karena power steering mati.


Cara mematikan mesin lewat tombol ini memang berbeda untuk setiap mobil. Biasanya pada beberapa mobil, untuk mematikan mesin tinggal menekan tombol start sekurangnya selama 3 detik. Jangan menekan tombol secara berulang-ulang, cukup ditahan saja selama 3 detik, mesin otomatis akan mati.

* Keempat, jika mobil hanya dilengkapi dengan kunci start biasa, opsi mematikan mobil tentunya dengan memutar kunci ke posisi off. Namun seperti halnya opsi sebelumnya, dengan mematikan mesin kendali rem dan setir pun agak berat.


Disedot dari: detikOto.com

No comments:

Post a Comment